Polyvinylpyrrolidone

Adalah suatu polimer, film-former, granulating agent, tablet binder , itu kata buku Handbook of Pharmaceuticals Excipients, baunya sangat pahit sampai ke lidah. Namanya unik ya? Sejujurnya aku langsung kepikiran ingin membuat email dengan nama itu, sama seperti ketika aku mendengar spesies bernama Apium graveolens. Hehe, ga penting.

 Suatu sore di Laboratorium Farmasi Teknologi Sediaan Liquid-Semisolid, (halah, nama lab nya panjang sekali, sebenarnya lebih familiar dengan nama “lab semsol”-sebuah lab yang seru katanya, dan ada yang bilang bahwa kekompakan angkatan saat osjur benar-benar diuji saat ujian di lab ini semsol steril maupun nonsteril, begitu yang aku dengar,agak berlebihan memang).

 Begitulah, sebenarnya kampus sedang libur, kecuali bagi mahasiswa yang sedang mengambil semester pendek, tapi di lab itu aku menemui beberapa orang yang sedang bersemangat membuat formulasi baru suatu produk obat kumur bermerek terkenal. Suatu proyek penelitian dari industri farmasi terkenal. Ya, beberapa bulan lalu mereka mengajukan proposal, dan kini proposal itu telah mencairkan dana 20 juta rupiah dari para profesor  dan direktur Johnson & Johnson untuk sebuah formulasi baru.

Keren…

Dan aku senang ketika diminta untuk membantu mereka, whoehehe! it’s just like a free workshop semsol for me..! magang di lab semsol untuk penelitian saat liburan, senangnyaa.. (pura-pura bergaya dengan jaslab seperti mahasiswa yang sedang kesana kemari di labtek untuk menyelesaikan Tugas Akhir.. )

Tapi beberapa kali rapat, sepertinya mereka tampak pusing juga, organogel yang dibuat serasa impossible. Kebingungan nasional pun kerap menghantui, seandainya ada seseorang yang memberitahukan buku apa yang harus dibaca, jurnal apa yang harus didownload, situs apa yang harus dibuka, tentu saja itu segera dilakukan untuk memecah kebingungan dan ketegangan karena waktu penelitian hanya dibatasi 3 bulan.

Jadi..

Organogel adalah suatu gel yang dibuat dengan pelarut organik, bukan hidrogel, awalnya sediaan yang dibuat adalah suatu organogel yang mengandung minyak atsiri lokal (eugenol, eucalyptol, dan tymol) yang bisa menempel dalam waktu yang relatif lama di gigi, sehingga efek “killing the bactery” nya lebih hebat daripada mouthwash biasa dan akhirnya dapat mengobati karies pada gigi. Tapi akhir-akhir ini yang coba dibuat adalah suatu mycroemulsion mouthwash.

Lantas sore itu aku sempat hampir muntah gara-gara mencicipi mouthwash yang kami buat (kami? Hehe, padahal jobdesk ku tadi cuma menimbang si polyvinylpyrrolidone yang ternyata higroskopis juga), Cuma setetes 0,05 mililiter; whuaahahaha gilaa pahit banget!! Sumpah! Untung ada wastafel di dekat kami. Cuihh!!

Lantas salah seorang dari kami langsung menyambar buku tadi : Handsbook of Pharmaceutical Excipients, dan berteriak “Aspartam! Kita kasih aspartam aja! Rasanya seratus kali manisnya gula!”

Yeah, menyenangkan! This is the first day in our research lab. Kegagalan demi kegagalan adalah guru yang paling baik yang mengantar kita lebih dekat mendaki tangga kesuksesan. Dan sesungguhnya seorang scientist itu boleh berkali-kali gagal namun sangat terlarang untuk menyerah dan berdusta. Dan bagaikan elang, kita tidak akan pernah tahu sejauh apa kita bisa terbang menjelajahi dunia, jika kita tidak berani memulai membentangkan sayap.

Anyway, it’s just stay in progress now..

Dan aku senang berada di antara orang-orang seperti itu. That’s real students, I think.

 

Special thanks to : kakhegarkakirfanmbakdewikdewdewutadewisa. Thanks for God that has let me meet you all  today.

2 responses to “Polyvinylpyrrolidone

  1. pertama kali ketemu sama benda ini pas bikin sediaan sirup rekonstitusi yang harus digranul…behh,,,baunya nyengat banget, ampun dah… tapi bagaimanapun dia tetep berguna si…

  2. askum bang,, salam knal ajh,,
    lngsung ajh iah,,

    ak lg d buat bingung ama yg nama na crospovidone n se bangsa na neh,,
    agi pussinggg ngerjain TA,,

    eh, mo nanya ajh,,

    abang pnya jurnal yg isi na crospovidone kgk???

    mohon bantuan na bang,,

    waskum,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s