Bikin Siomay Yuuk..

Aku suka siomay. Salah satu hal yang membuatku bahagia dan bersemangat untuk tetap bertahan hidup di Bandung adalah siomay (halah…berlebihann..). Berhubung di Ngawi, kota kelahiranku, tidak ada penjual siomay dan Liburan semester ini aku berencana pulang ke Ngawi, maka mau tidak mau, agar bisa mempertahankan hidup di Ngawi dengan bahagia, aku harus bisa membuat siomay sendiri! (halah.. tenan po ra?..)

Maka eksperimen pun dieksekusi. Beberapa hari sebelum aku pulang ke Ngawi, aku browsing di internet untuk mencari resep siomay dan keesokan paginya aku langsung pergi ke Pasar Balubur, siap berjuang! Eh, belanja maksudnya.

Taraaa!

Bahan-bahannya adalah:

  • Ikan tenggiri (ga ada di pasar balubur, jadi ikan apapun namanya aku beli saja, kalo ndak salah harganya 3000 rupiah)
  • Daging ayam (ini aku modifikasi sendiri,beli saja 2000 rupiah di Balubur, ndak usah banyak2)
  • ½ Kg Tepung sagu (bisa juga memakai tepung kanji)
  • Telur 1 butir (ngirit nda,,)
  • 3 Bawang merah
  • 4 Bawang putih
  • Air secukupnya
  • Kulit Pangsit (di Balubur ga ada, sulit ditemukan lebih tepatnya, akhirnya aku membeli dari mas2 penjual siomay di dekat SD Pelesiran, hehe trima kasih mas!)
  • Merica bubuk sedikit aja (trima kasih Mbak Fidah.. yang telah memberiku merica bubuk )
  • Gula pasir (dikit aja)
  • Garam secukupnya
  • Penyedap Rasa (saya pakai Royco (bukan ngiklan), kandungan MSG nya tidak 100%, sedikit saja. Ingat kata Pak Emran, konsumsi MSG tidak boleh lebih dari 300mg/hari. Nah, bagi yang telah Praktikum Meracik, mungkin bisa mengira2 agar tidak sampai 300mg)
  • Jeruk nipis
  • Kecap manis

 

Untuk Sambalnya :

Sebenarnya cara membuatnya mudah, seperti membuat sambel kacang untuk pecel, tapi karena keterbatasan alat dan karena anak kosan biasanya suka yang lebih praktis, jadi beli saja sambel pecel di pasar (saya sih punya yang lebih enak, sambel pecel buatan ibuk saya dikirim dari Ngawi) lalu lakukan modifikasi dengan tambahan bumbu sebagai berikut : 2 buah bawang merah, 1 buah bawang putih, garam, gula,penyedap rasa, satu sdm tepung terigu, 100cc air, 3 sdm minyak goreng.

  • Nah, pertama-tama masukkan minyak goreng, tunggu sampai panas, masukkan bawang merah dan bawang putih yang telah diiris, tumis hingga harum
  • Tambahkan air sekitar 80cc (sisanya 20cc untuk melarutkan tepung terigu), tunggu sebentar hingga mendidih lalu masukkan sambel pecel, aduk hingga homogen
  • Untuk meningkatkan viskositas sambal, tambahkan 1 sdm tepung terigu yang telah dilarutkan dalam air,jangan dimasukkan langsung karena akan menyebabkan terjadinya koagulasi tak sempurna atau ‘gruntul-gruntul’, nanti performance-nya jadi tidak keren. (inget praktikum meracik lagi! Waktu itu pas bikin suspensi, suspending agent CMC-Na nya jadi ‘gruntul-gruntul’ gara2 airnya kurang panas)
  • Kemudian masukkan garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya.
  • Aduk hingga homogen, jadi deh.

Aku sarankan agar lebih dahulu membuat sambalnya daripada siomaynya agar pas siomaynya jadi bisa langsung dicicipi. Sekarang saatnya membuat siomay!

Cara Pembuatan :

  • Bismillah dulu (eh, tadi sebelum bikin sambel harusnya juga baca bismillah dulu)
  • Hancurkan ikan sampai lembut, buang tulangnya, begitu juga dengan daging ayam, cincang keduanya sesadis mungkin (hihi). Kemudian rendam dalam air yang diberi penyedap rasa dan sedikit irisan jeruk nipis agar tidak amis.Diamkan agar bumbu meresap.
  • Tumis bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan, tambahkan garam dan gula. Angkat jika telah harum.
  • Campurkan ikan dan daging ayam yang telah teraniaya tadi dengan tepung sagu, perbandingan antara cincangan dan tepung sagu adalah 1 : 1.
  • Kemudian masukkan bumbu yang telah ditumis, tambahkan penyedap rasa, tambahkan air sedikit demi sedikit lalu diaduk hingga membentuk massa yang plastis
  • Cetak di atas kulit pangsit, atau dimodifikasi : dimasukin irisan telur rebus,dilapisi tahu,dimasukin wortel, dll sesuai kreativitas masing-masing.
  • Lalu dikukus selama 30 menit.
  • Selamat makan…… J coba cicipi bersama sambalnya yang telah ditambahi kecap manis dan sedikit perasan jeruk nipis
  • Enak banget, serius!! (Weiitss, jangan lupa berdoa sebelum ma’em..)

 

Dan teman-teman kosanku pun senang karena dapet siomay yang lezat.. Hehehe

18 responses to “Bikin Siomay Yuuk..

  1. Kayaknya buat ngentalin bumbu, bagusnya pake maizena deh daripada tepung terigu…Tapi gak tau juga sih…Cuma feeling aja…

  2. baiklah fik.. kamu benar, tapi latar belakang kasus di atas adalah karena aku tidak punya tepung maizena sedangkan kalau mau beli juga naggung, kalo pakai tepung terigu kan bisa gratis (karena dikasi sama temen kosan) hehe…
    selain itu, rekomendasi dari resep lain bisa juga pake tepung ubi kok..
    thank kyuw

  3. Kamu kok pinter banget tho. Kreatif gitu. Jauh-jauh kuliah masih sempat nekunin siomay. Dulu SMA-nya di Klitik ya..? Muride pak Samsuri..?
    OK. Sukses ya? Kuliah & ekstrakulikulernya.
    Sekalian tahu tepo mbok tolong dimodifikasi, yahh..biar sedaap spt ketoprak Jakarta.

  4. Dik, nyuwun ijin, mau pake resepnya buat praktek. soalnya anakku suka sekalee sama siomay. emang benar, kalau buat kita-kita, perlu ngirit. kalo pake tengiri asli nggak bakal dapet harga 3000 paling tidak 5 kalinya. kadang aq jg modif dengan tambahan tahu. btw, lam kenal ya.

  5. penuh perjuangan nih bikin siomay…

    langsung berhasil apa gagal dulu bos?

    ojo kesusu bikin siomay e :-p alon2 asal kelakon
    hahaha….

  6. lam kenal, saya suka sekali makan SIOMAY. Boleh dibilang sudah jatuh cinta sejak dulu sama benda yang satu ini.
    Terus iseng-iseng bikin sendiri, kadang jadi kadang berantakan….terutama sola adonannya.

    Nah tip ini mau saya coba, nanti kalau berhasil saya mau sukuran undang tetangga…..

    terimakasih !

  7. Saya amat berminat sekali untuk membuat siomay.Bolehkah ibu terangkan atau translate kan di dalam bahasa melayu (malaysia) kerna saya kurang faham dalam bahasa melayu indonesia walaupun dulunya say pernah bekerja di indonesia dlm waktu singkat.harap ibu dapat membantu saya.terima kasih banyak yaa…

    • Mak Cik bingung kat bahase indo..? Saye juge bingung kat bahase malay bu… heheheheee.. Tapi nak saye usahe translate didalam bhase malay…

  8. Pembuatan siomay kok pke kanji mulu…?? Apa gak pke adonan campuran kanji & terigu..? Klo gw biasa pke kek gitu.. Dengan perbandingan kanji 1/2 kg dan terigu 1/4 kg…. Klo pke kanji doang.. bentuknya jadi lengket kyk lem…
    Satu saran lagi.. klo bisa jangan pke ikan air tawar.. Rasanya kurang menggigit…
    Tapi pkelah ikan laut segar.. Apapun jenisnya.. Bisa tongkol, cakalang, kueh (jangan pke bandeng) atau ikan laut apapun yg sering dijual di pasaran… Mmmm…. Dijamin rasanya nendang banged brow…
    Selamat mencoba……….

    • iya cheff.. ampuuunn.. hehe ini mah siomay iseng ala mahasiswa kos-kosan dengan bahan seadanya :D peace..
      oya saya pake tepungnya juga campur waktu ituh.

  9. Mudh-mudhann berhsiil,aq sneng bgt ma jnis mkanan atu ini’
    tp gk tau cra buat’y :€
    pngen sex-x buat,tp msh bngung t :¤

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s