Manfaat Nonton Avatar

Avatar ini adalah salah satu film kartun kesukaanku selain Chibi Maruko. Sejak dulu aku suka nonton film kartun. Dan kadang-kadang aku diejek teman-teman sekolahku gara-gara hobiku ini, meskipun sebenarnya ini hobi yang relatif umum, tapi kata mereka selera film kartunku agak aneh. Pas orang-orang suka Detective Conan, eh aku malah suka Chibi Maruko, pas mereka suka Dragon Balls (yang ceritanya lamanya minta ampun, sampai mati di akhirat pun masih ada turnamen silat, halah..) aku malah suka Ninja Boy (Rantaro Kirimaru dan Sinbei-yang ingusnya panjang kemana-mana,hehe kalau film ini adikku juga suka), dan saat teman-teman praktikum Kimia Organik-ku ngefans berat dengan Naruto, aku malah suka Avatar. Atashin Chi, Doraemon, Sailormoon, Wedding peach, Ranma, Cardcaptor Sakura, dulu aku juga suka. Dan beberapa masa kemarin, aku rasa banyak orang pada kena sindrom film Ipin dan Upin, hehe, sama aku juga suka.

Kali ini tentang AVATAR, serial kartun yang membahas tentang 4 nations : water, earth, air, fire. Prolog ceritanya : “Long ago, the four nations lived together in harmony, then everything changes when the fire nation attack, only the Avatar ,master of Four Element could stop them, but when the world needed him most, he fairs. A hundred past, my brother and I discovered the new avatar named Aang, although his air bending skill were great, he has a lot to learn before he is ready to save anyone, but I believe.. Aang can save the world ”. kemudian dilanjutkanlah dengan perjalanan petualangan Aang bersama sahabatnya Katara, Soka, dan Toph (dan belakang bersama Zuko) mencari Master Bending untuk Aang, agar Aang bias belajar, agar Aang bisa menguasai Four Element dan mengalahkan Fire Lord to save the world.

Kan katanya kalau kita nonton, kita harus dapet manfaatnya. Nah, manfaat nonton AVATAR menurutku adalah, kita bisa mendapatkan :

  • Pelajaran tentang Peradaban Dunia. Suatu ketika ada yang bertanya, kenapa di antara Negara Api, Suku Air, Kerajaan Tanah, dan Pengembara Udara; Negara api yang menang? Karena dia adalah negara, meskipun di dalamnya terdapat konspirasi jahat, kompleksitas suatu negara jelas berbeda dengan sebuah suku yang hanya mengatur kehidupan sekelompok orang. Dalam suatu negara, ada banyak tiang-tiang yang harus dikokohkan, tidak hanya politik, tapi juga yang lainnya. Negara api sangat maju teknologinya, sistem birokrasinya, sistem pendidikannya, arsitekturnya, perdagangannya, dll.
  • Pelajaran tentang Hijrahnya Prince Zuko. Seperti Umar bin Khattab yang berhijrah dari kegelapan menuju cahaya, kali ini Prince Zuko juga berhijrah.. hehehe.. Aku suka banget episode2 ini, episode2 sata Zuko masi dicuekin Katara, saat2 Zuko masih salah tingkah karena menjadi anggota baru, hehehe.
  • Friendship, together happily ever after. Aang yang childish, tapi bijak, hebat, punya kekuatan super , Soka yang konyol leadership, pemberani. sword master, Katara so Mother, master water bending, galak, Toph yang naughty tapi baik hati, Momo yang polos, Apa yang setia untuk terbang dan Fire Bending Master, Zuko pangeran yang sok jagoan, keras kepala, tapi tak bisa mengingkari hati nuraninya bahwa sesungguhnya ia harus menjadi orang baik-baik, jujur pada dirinya sendiri, dan cakep lagi, hehe. Setiap orang punya potensi masing-masing, dan semuanya punya bagian masing-masing.
  • Right side and Bad Side—Prince Zuko punya darah dari Fire Lord Sozin and Avatar Roku.terserah mana yang mau dioptimalkan.. everyone has right side and bad side, tak terkecuali seorang fire lord. Memang begitu kan manusia, terserah kita, potensi mana yang akan dioptimalkan.
  • We are live to learn, learning life, and learn to live. Perjalanan Aang dihabiskan untuk belajar 4 elemen,belajar belajar, untuk akhirnya dia bisa menyelamatkan dunia. Sebuah afiliasi dan kontribusi untuk umat manusia.
  • Bukan berarti cinta itu tidak butuh pengorbanan, tapi kadang cinta itu harus dikorbankan untuk sebuah Misi Perjuangan. Cool banget Prince Zuko saat dia bilang,“I’m Sorry ,May”, kemudian pergi meninggalkan his sweetheart-nya to find his destiny to join with avatar and save the world.
  • Happy Ending with Peace, not Violence. Aang benar-benar bijak menurutku, saat Aang Vs Fire Lord ayahnya Zuko, kirain pertempurannya akan berdarah-darah. Ternyata.. wonderful ending, perdamaian, saling memaafkan itu indah. Balas dendam itu sama sekali bukan solusi.
  • Belajar listening English, kadang kalo aku nonton punya temen yang download dari komlebs subtitle-nya ga ada, hehe. Hitung-hitung biar fluently in english dan jadi PD kalo pas asistensi anak-anak kelas internasional.

Hehehe, I think this is enough from me, maybe you have any about another Avatar’s Lesson ?

6 responses to “Manfaat Nonton Avatar

  1. Assalamu’alaikum fah…
    iseng nyari fakhria di google, eh ternyata ada blognya. Semoga selalu istiqomah ya? O iya, ini alamat blog saya, udah lama ga di-update sih, mungkin nanti kalo sempet di-update lagi
    :)

  2. Waalaikumsalam wr wb
    Horee…
    nyari di google, dan ternyata blog fa bagus ya teh? hohohoho
    nge-link blog nya teteh ya!

  3. Fafa…ne iktri. Tak kusangka ternyata kamu juga penikmat Avatar. Aku belum nonton Book Fire, tapi aku udah jatuh cinta ama Zuko sejak awal Avatar… (punya Book Fire-nya gak? Bagi donkz.. ketinggalan neh).
    Aku suka Avatar karena ‘friendship’nya, en kegigihannya, apalagi seorang Katara, cewek cerdas, kuat dan mandiri yang susah ditemuin zaman sekarang.
    Seorang pemimpin yang baek emang mestinya menguasai ‘berbagai elemen’, karena ‘setiap elemen’ punya arogansinya masing2. halah2…
    Yang jelas, Prince Zuko keren abis, karena dia bisa menemukan jati dirinya karena ‘terbuang’. Paman Iroh juga selalu setia menemani, dan ia yang pertama ‘tobat’..
    Episode yang paling aku suka adalah di gua yang ada sejarah ‘Omashu’-nya … (yang itu lo Fa, saat akhirnya Katara menemukan jalan keluar dari gua yang menyesatkan mereka, hahaha…)
    Buka2 blogku yah, iktri.wordpress.com, tapi masih belum bisa menggunakan dengan baik,,,hehehe…

  4. waah, dijamin bakalan jatuh cinta abis sama prince zuko.. keren tau, the real hero deh. hehehe..
    oke aku akan berkunjung ke blog anda..

  5. Pingback: Menulis Sesuatu « I Love My Life

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s