Kangen nulis lagi..

Hiks.. kemana aja fah?!

Ya ampun.. satu bulan lebih ga ngupdate blog tercintah..

Iya nih, maafkan aku teman-teman pembaca setia, bulan kemarin memang bulan yang rada-rada membuat hidupku berantakan. Hehe. Mulai dari nilai UTS farmakokinetik yang sangat buruk! Huks.. yang lantas membuatku belajar menggebu-gebu, mati-matian untuk ujian perbaikan, hingga mencanangkan gerakan ‘no facebook, no blog..’ (Bohong! Belajar apanya? SKS gitu lagi! Dasar ga kapok..), dan akhirnya ujian perbaikan pun tak mampu signifikan memperbaiki kerusakan yang ada. Hiks.. Iya sih, jadi jarang belajar (emangnya dulu rajin? Nggak juga sih..hehe, iya deh ampun.. UAS farkin aku harus bagus, suerr.. sekarang izinkan aku nulis blog lagi fah.. plis..bentaaar ajah.. hiks.. kangen banget serius). Baiklah permohonan dikabulkan.

Yes!

Iya, jadi begitu teman-teman, kabarku masih baik-baik saja, izinkanlah aku memaparkan sejuta alasan kenapa tulisanku tak kunjung muncul juga (udah.. bilang aja mau curhat..). Bulan kemarin yang full academic activity dari pagi sampai magrib makin hectic sampai nginep di lab untuk nge-HPLC sampel penelitian Monascus ku yang terkejar deadline, meski kurang excellent alhamdulillah berhasil very good. Limbah padi bernama dedak itu akhirnya berhasil kami rekayasa untuk memproduksi senyawa antikolesterol dan pigmen, jika dibandingkan dengan beras, produk yang dihasilkan memang lebih sedikit, namun dibandingkan beras juga, harga dedak jauh lebih murah. Serta pigmen warna kuning dihasilkan sangat signifikan. Hasil penelitian kami ini ingin sekali aku publikasikan di blog tercintah ini.. tapi sepertinya harus menunggu final nanti, hehe, doakan ya tim kami menang..

Kabar kedua, ada lomba lagi tentang penelitian ilmiah juga sehingga ngeblog pun terlalaikan, tapi kali ini hanya lomba membuat proposal penelitian saja. Wow.. ini sangat menarik menurutku, bisa mengembangkan imajinasi lebih luas karena tak terkekang fasilitas dan waktu, hehe. Nggak segitunya juga sih, sebenarnya ini hanya keinginan terpendam dari dua orang mahasiswi desperate yang ingin mendalami bioteknologi lebih dalam demi sebuah Tugas Akhir yang canggih dan luar biasa, dan pada saat yang sama ini adalah keinginan dua orang gadis kosan yang ingin membeli rice cooker dan baju-baju baru, maka ketika keduanya melihat pamflet pengumuman lomba yang hanya berhadiah Rp 500.000 itu, ide rada-rada gila pun muncul. Didampingi dosen muda yang sangat menyenangkan, akhirnya kami sepakat untuk menulis tentang penggunaan Aloe vera sebagai faktor angiogenik untuk aplikasi Liver Tissue Engineering. Mencoba memperjuangkan Aloe vera yang merupakan tumbuhan melimpah di ibu pertiwi dan hanya negara-negara tropis yang memilikinya, untuk melengkapi terapi untuk orang-orang yang telah rusak hatinya dan tak berfungsi, penyakit orang-orang eropa dan amerika (mungkin di Indonesia ada, namun sepertinya kebanyakan sudah meninggal duluan sebelum didiagnosa menderita liver failure, so much expensive) dengan metode Tissue Engineering, sesuatu yang canggih yang masih jarang di Indonesia. Hipotesis kami adalah tentang mampukah sang Aloe vera menjaga hati..? (gile.. jadi dramatis gini). Selengkapnya akan aku publish lebih spesifik, tentu saja setelah babak final dan kami menjadi juaranya, amin..

Selanjutnya.. ini law of attraction yang dikabulkan oleh Allah menurutku. (Makasih Ya Allah, I love U so much). Sekitar beberapa bulan sebelum usiaku 20 tahun kemarin februari itu, aku menulis sebuah rencana di peta hidupku, tepat pada kotak usia 20 tahun “Aku harus punya link ke internasional, ga tau, ga peduli bagaimanapun caranya”. Waktu itu yang terpikirkan adalah mengikuti kongres IPSF (international Pharmaceutical Student Forum) tapi gila aja, tiketnya 300 euro. Mustahil. Atau ikut SEP (Student Exchange Program) anak-anak HMF ‘Ars Praeparandi’ ITB ke Jerman dan Australia, tapi ternyata 48 juta minimal, hiks.. very costly.. duit dari mana fah?,

But all i have to do is just trust that i’m not alone and i have the power of pray, the power of attraction.. Dan hari itu diumumkan,

Young Scientist Exchange Program (YSEP) : Result of the Selection

This is Akiko Ohgushi from Tokyo Institute of Technology. I would like to announce application results for YSEP 2009-2010. The following students are selected as YSEP student.

(salah satu dari 5 mahasiwa ITB yang terpilih itu adalah..)

Ms. Itmainati Fakhria

She will be recommended for Sato International Scholarship. If she succesfully get Sato International Scholarship, a round-trip plane ticket from her nearest International Airport to Narita International Airport (Tokyo) will be provided.

Ya Allah.. Trima kasih..Alhamdulillah.. Engkau memang tak pernah melupakan do’a ku

Satu langkah lagi, aku telah diterima student exchange di sana, penelitian selama 1 tahun sama profesor Jepang!, tinggal apply beasiswa buat hidup di sana. Doakan aku ya teman-teman.. mudah-mudahan dapet beasiswa dan ilmu yang berkah untuk umat manusia.

Anyway, begitulah liku-liku kehidupanku yang mulai memuncak bulan kemarin hingga awal bulan ini, hingga membuat fakhria’s weblog sepi, meskipun sejujurnya masih ada celotehan-celotehan di kepalaku yang ingin sekali dikalimatkan di sini, baru menjadi draft belaka, yaitu :

  • Tentang Ngawi.. kampung halaman tercinta, ini ceritanya lagi kangen rumah
  • The Kartini of Science (kan April kartini banget tuh, ini ceritanya mau nulis Scientifically Kartini)
  • My research projects: Monascus purpureus and Aloe vera , nunggu hasil lomba dulu ya

Just wait and see..

12 responses to “Kangen nulis lagi..

  1. Barrakallahufik………
    selamat ya fakh………….mudah2an jadi ilmu yang beramanfaat dan jadi amal jariah ntarnya……………

  2. Pada suatu siang,, ada yang berteriak, mbak winaaaa!!! Pengen curhaaat.. Apa? Apa? Apa? Riset plannya tembus!!! Wawawao… Tinggal apply beasiswa,kalo keterima,pergi ke Jepaaaang!!! Wow.. Wow.. Ckckck.. Great!! Semoga diberikan yg trbaik.. Amiin..

  3. Subhanallah………….. Slamat ya De…….. Slamat!!!!! Ke Jepang ya?!!! Asiknya….. (masih ngiler pengen ke luar negeri, tapi apa daya kebutuhan hidup sudah mendesak di depan mata hiks). Semangat, De!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s