Piring-Piring yang Utuh dan yang Pecah

Semester 6 telah berlalu. Kau tahu, selama satu semester itu, sang piring-piring telah menjalani nasibnya masing-masing.

Sebuah impian memberi kita pengharapan bagi masa depan dan itu memungkinkan kita memprioritaskan segala yang kita perbuat. (John C. Maxwell)

Seorang yang mempunyai impian mengetahui apa yang rela ia korbankan demi peningkatan dirinya. Ia mampu mengukur segalanya yang ia perbuat menurut apakah itu berkontribusi terhadap impiannya atau tidak, mengkonsentrasikan perhatiannya kepada hal-hal yang mendekatkannya pada impiannya tersebut dan tidak terlalu memperhatikan segalanya yang tidak mendekatkannya kepada impian tersebut. Ironisnya, banyak orang yang melakukan hal sebaliknya. Bukannya fokus pada impian mereka dan melepaskan hal-hal kurang penting, mereka ingin agar setiap pilihan itu terbuka. Tetapi itu justru membuat mereka menghadapi banyak masalah sebab pengambilan keputusan menjadi semakin rumit.

Ibarat pemain sirkus yang memutar piring-piring di atas tongkat kurusnya.

Maka piring-piring itu adalah prioritas dan terserah kamu, mana yang akan kamu ambil, mana yang akan kamu putar dengan cepat, dan mana yang kamu lalaikan dan ia akan jatuh. Piring-piring itu adalah puzzle-puzzle impianmu yang mungkin yang utuh dan yang pecah berbeda dengan teman-temanmu, karena impian masing-masing orang berbeda, maka puzzle penyusunnya pun berbeda, sehingga piring-piring yang utuh dan yang pecah pun akan berbeda.

Hehe, aku jadi bingung sendiri, sebenarnya tadi aku mau nulis apa ya?

Baiklah, sejujurnya aku ingin.. (duh,, jadi kehabisan kata-kata..) menulis tentang nasib piring-piring impianku semester ini..

Pada semester 6 ini piring-piring yang berhasil aku putar dengan cepat adalah :

This is me, Fakhria Itmainati

  • Juara I Lomba Proposal Penelitian Terbaik I dalam Kompetisi Double Delight of ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Indonesia), dengan karya berjudul : Pemanfaatan β-sitosterol dari Tumbuhan Lidah Buaya (Aloe vera) sebagai Faktor Angiogenik dalam Aplikasi Rekayasa Jaringan Hati in vivo pada Subkutan, tim ini ketuanya aku sendiri, bersama temanku Witi Rita Pratiwi.
  • JUARA I Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam Kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Farmasi Indonesia (PIMFI 2009), di Universitas Padjajaran, dengan karya berjudul : Potensi Pegagan (Centella asiatica) sebagai Memory-enhancer dalam Terapi Herbal Penyakit Alzheimer , aku sebagai anggota di tim ini, bersama Utami Ekawati (ketuanya), Dewi Nurjanah, dan Dewi Safitri.
  • MEDALI PERAK (Juara 2) Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian dalam event Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional XXII (PIMNAS 2009) di Universitas Brawijaya, dengan karya berjudul: Pemanfaatan Dedak sebagai Substrat Fermentasi Jamur Angkak (Monascus purpureus went) untuk Menghasilkan Senyawa Antikolesterol dan Zat Pewarna Alami Makanan, aku menjadi anggota di tim ini, bersama Nadia Fithriani, Laras Cempaka, dan Dewi Nurjanah.
  • Kandidat Peserta Young Scientist Exchange Program 2009-2010 untuk penelitian Stem Cell Biotechnology for Pharmaceutical Application di Tokyo Institute of Technology, Jepang

Alhamdulillah, ini adalah pencapaian yang sangat berarti dalam usiaku yang 20 tahun ini. Ketika aku menargetkan bahwa 20 tahun ini usia emasku akan dimulai, Allah mengabulkannya.. Makasi ya Allah.. piring-piring itu benar-benar tak kan bisa berputar tanpa kehendak-Mu. Aku bertekad untuk selamanya menjadi muslimah yang sholehah, berbakti kepada kedua orangtuaku, dan menjadi batu bata terbaik untuk peradaban Islam. aminn..

Di sisi Fakhria Itmainati-ku yang lain, ada pula piring-piring penting-ku yang tak mampu kukendalikan, hingga terpelanting jatuh, pecah. Aku tahu ini kelalaianku..

  • Nilai mata kuliah Farmakokinetik ku masih T, ini adalah nilai kritis mendekati nilai D (TIDAK LULUS!) sehingga aku harus ujian perbaikan lagi, untuk yang ke-lima kalinya! Hwaa… ya Allah.. kumohon selamatkan aku lagi kali ini.. sungguh kumohon ya Allah, pliss..pliss..pliss…. Hiks..
  • Karena kondisi IP yang rada kritis, nasib beasiswa Tanoto Foundation-ku, yang selama ini menyuplai 5 juta per semester untuk SPP dan hidup sebagai anak kosan yang sederhana, kemungkinan bisa kandas..*khawatir.. bayar SPP pake apakah nanti..
  • Kinerja-ku sebagai Kabid Keprofesian HMF ‘Ars Praeparandi’ agak mendapat teguran.. (beberapa teguran yang sungguh terasa, karena selama ini kebanyakan pujian) hihi.. ampun boss.. ampun para kadiv.. ampun my staff.. ampunilah khilafku.. I know, I’ll do my best!
  • Hafalan Al Quran ku gak nambah secara signifikan! Astaghfirullah… Plak! *Menampar dahi sendiri dengan ekspresi penuh kecewa. pasti kalau ketahuan Ustadz Z****, beliau akan menggeleng-geleng dan berkata “Bertaubatlah Fakhri.. ”. Hiks.. Baiklah, Ramadhan ini aku ingin mencintai Al Quran lagi.. whatever it takes..!

Kepingan piring-piring yang pecah itu benar-benar kusesali, aku berjanji akan memperbaikinya, sungguh!

Mungkin karena aku telah mengambil ‘piring-piring penyelundup’ yang akhirnya membuatku lalai dan kehabisan energi memutar segala piring impianku. Piring-piring yang tak penting, sang pencuri waktu dan energiku harus lebih kuwaspadai. Satu yang pasti yang kutahu sekarang adalah: aku harus bekerja lebih keras lagi!

Impian itu sungguh hanya 5 cm di depan mataku, aku ingin menjadi dosen yang berdedikasi, mendidik dan mencerdaskan umat manusia dengan hati nurani :), menjadi peneliti bertaraf internasional yang produktif—hingga ketika kau mengetik nama “Fakhria Itmainati” di Google Scholar kau akan menemukan betapa melimpahnya namaku pada jurnal-jurnal ilmiah , serta menjadi pembicara di seminar-seminar ilmiah di seluruh dunia, hingga aku bisa berkelana ke seluruh tempat di muka bumi ini yang ditumbuhi bunga-bunga yang indah.. kaefer_b (Yeah! sebentar lagi aku akan melihat bunga sakura, hehe, Alhamdulillah cicilan impianku sedikit terlunasi! :), aku pun ingin menjadi Great Mom and Nice Wife hingga nanti ke surga dengan pangeranku—seseorang yang jika jatuh cinta dengannya tak pernah membuatku menyesal 75639000 (amiiinn *doanya paling kenceng, hehe dasar.. ternyata kalo udah 20 tahun gini ya rasanya), dan sebuah keluarga sederhana yang mempunyai yayasan penyuplai beasiswa untuk anak-anak miskin yang ingin sekolah. Aku akan membahagiakan ayah dan ibuku.

Satu hal yang aku yakini adalah Allah swt sedang mendengar impianku ini ketika aku luruskan niatku hanya untuk-Nya..

Sungguh aku bisa melihatnya dengan jelas, impianku terwujud semuanya tanpa kecuali, impian ini telah sungguh dekat dan terlihat jelas, 5 centimeter di depanku

Seperti kata Novel 5 cm, sehabis itu yang aku perlukan cuma.. kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang bersabar lebih keras dari biasanya, dan mulut yang terus berdoa..

Besok puasa! :) Ayo semangat!

10 responses to “Piring-Piring yang Utuh dan yang Pecah

  1. Pas baca ini,,,
    aku hampir saja meneteskan air mata,
    sayangnya ini di himpunan, banyak orang, dan habis tertawa-tawa…haha…

    Yeah, semakin yakin bahwa setiap orang mempunyai kisah masing-masing…punya jalannya masing-masing…

    Dan setiap orang sedang berusaha melengkapi kepingan hidupnya satu per satu…

    Semangaaaaaaaaattttt….

    **Mau permen teh, mau permen teh**

  2. Subhanallah, sebenernya pencapaianmu semester ini luar biasa lho fakh.

    Dulu ada orang bijak bilang: “Jalannya para pemenang itu selalu terjal dan mendaki, gak pernah lurus2 aja.”

    Jadi kalo fafa merasa pemenang (dan insya allah adalah pemenang) piring2 yang pecah itu gak perlu disesali karena itu semua cuma masa lalu. Sakitnya masa lalu itu gak perlu diingat. Yang perlu diingat itu PELAJARAN dari masa lalu. Selalu menatap masa depan seperti yang dibilang temenku: “keep your dreams alive and run to achieve it.” (*Maaf ya kalo komennya rada panjang & rada2 sok bijak untuk kelas mahasiswa s1..hehe…)

  3. Subhanallaah!

    Fakhria! Saya bangga dan bahagia sekali punya teman seperti kamu..

    Terima kasih banyak lho, ya. Semoga Allah meridhai dan mempermudah impian serta perjuangan kamu untuk mewujudkan impian-impian itu. Aamiin!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s