The Japanese Tea Ceremony: Cara Minum Teh Sehat yang Unik

Kalo ada lomba minum teh dengan cara paling Lebay unik sedunia, maka aku yakin pasti orang Jepang akan menjadi juaranya. Karena, untuk minum teh ijo ala Jepang ini, kita harus menjalani prosedur-prosedur yang ga penting unik sekali. Dari serangkaian ceremony yeng unik itu, ada beberapa yang lebay banget menurutku, yaitu:

Pertama, perhatikan mbak-mbak berkimono oranye ini, dia berjalan lurus, lambat, tiap langkah berhenti dua detik, tanpa ekspresi seperti pemimpin upacara bendera hari senin namun tetap anggun menuju panci teh dan tebak apa yang dilakukannya? Aku kira dia akan menunjukkan gaya yang spektakuler dengan benda yang dibawanya ke panci teh tersebut, namun yang terjadi adalah, mbak-mbak kimono oranye itu mengelap panci dengan 1 lembar “bulu ayam” yang dibawanya! Duuh… tweww.. rasanya ada garis-garis di kepalaku seperti dalam komik. Bahkan mengelapnya pun cuma beberapa kali, lalu kembali ke ruang belakang dengan gaya berjalan lurus dan sangat pelan. Ingin rasanya tertawa tapi sayangnya tidak diizinkan tertawa dan banyak bicara di sini! Untuk menghormati teh. Hhhfff.. jadi apapun yang terjadi, harus tetap bermuka cool. Keunikan nomer satu.

Kedua, perhatikan desain cangkir teh yang digunakan. Tea Master memberikan cangkir (yang sebenarnya mangkok) tidak sembarangan, namun sesuai “kepribadian” pada tamu, biasanya para lelaki diberi cangkir yang simple, dan para wanita diberi cangkir bunga. Aku tidak tahu bagaimana cara Tea Master menebak kesesuaian tamu dengan cangkir-nya, yang jelas cangkirku cantik sekali! Gambar bunga-bunga, Hihi..  Kasian Song, teman sampingku, anak Taiwan, cangkirnya benar-benar plain! Hehe, dia “protes” ke Tea Master, dan ternyata tea Master bilang, motifnya hanya bisa dilihat jarak dekat, (5 cm dari mata). Tapi sejujurnya aku tak melihat motifnya sama sekali, sungguh. Keunikan nomer dua.

Ketiga, posisi dan teknis minum teh. Posisinya adalah seperti duduk di antara dua sujud pas sholat. Bagi yang tak terbiasa, ini adalah posisi yang tidak nyaman. Kue yang diberikan rasanya enak banget. Giliran rasa tehnya, pahit! Original green tea. Namun apapun rasanya, ga peduli pahitnya seperti apa, dalam Tea Ceremony kami harus bilang “けっこうに。。”,kekkouni, yang artinya “Excellent!”. Selain itu, sebelum menempelkan cangkir ke bibir, cangkir diletakkan di telapak tangan kiri dan tangan kanan harus memutar cangkir 180 derajat dalam tiga putaran! Jika lupa, ini dianggap SANGAT TIDAK SOPAN, dan tuan rumah akan sangat tersinggung. Karena gambar bunga-bunganya harus terlihat di depan sehingga tuan rumah mengetahui bahwa kita sangat menikmati teh tersebut. Krik..krik.. Keunikan nomer tiga.

Sejujurnya aku tidak begitu tahu mengapa mereka sampai selebay unik itu membuat acara semacam Tea Ceremony, Tea Master bilang ini adalah tradisi kuno asli Jepang. Tea Ceremony digunakan untuk menjamu tamu dan menghangatkan suasana agar terbangun komunikasi yang baik antara tamu dan tuan rumah. Menurutku, lebih dari itu, ada hal lain yang membuat mereka menghargai kesaktian teh hijau, yaitu karena manfaat teh  itu sendiri, teh  sangat berkhasiat untuk kesehatan. Yang pasti, ini adalah hal yang tak bisa dianggap remeh dari teh hijau. Mungkin inilah sebabnya kenapa selalu disediakan teh secara gratis di kantin-kantin Tokyo Tech, baik kampus Ookayama maupun Suzukakedai. Karena teh-teh itu :


Menjaga kesegaran mulut dan mencegah keracunan makanan. Ternyata rasa pahit itu disebabkan oleh cathecin, senyawa flavonoid yang efektif membunuh bakteri (dengan mengganggu proses replikasi DNA bakteri) dan menetralkan toksin dari bakteri tersebut, yang mungkin ada pada makanan yang telah kita makan.

Mencegah kanker. cathecin dan polyphenols dalam teh terbukti mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Polyphenol adalah antioksidan yang sebenarnya juga terdapat dalam sayuran dan buah-buahan, namun kandungan polyphenols dalam teh sangat melimpah, 8 sampai 10 kali lebih banyak dari sayuran dan buah-buahan.

Mencegah stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung lainnya. teh beraksi dengan cara :

  • Cathecin mencegah kenaikan kolesterol jahat dalam darah.
  • Cathecin dan polisakarida dalam teh efektif menurunkan kadar gula darah, sehingga menurunkan resiko diabetes.
  • Cathecin menekan produksi angiotensin II yang memicu kenaikan tekanan darah, sehingga menurunkan resiko tekanan darah tinggi
  • Cathecin mengurangi pembentukan plak arterosklerosis, penebalan arteri karena penumpukan plak dari asam lemak dan kolesterol yang menghambat aliran darah. Hal ini juga menurunkan resiko tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

Menekan proses penuaan. Peran ini adalah efek dari antioksidan, Antioksidan berupa Vitamin E (pada teh hijau), cathecin, dan polyphenols pada seluruh jenis teh, mencegah kerusakan sel-sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Antioksidan yang melimpah dalam teh mampu menjaga tubuh agar tetap sehat dan awet muda.

Menyegarkan badan. Caffeine dalam teh hijau lebih sedikit daripada kopi. Namun cukup untuk dapat menyegarkan badan kembali karena caffeine dapat menstimulasi jantung, sistem pernapasan, dan sistem saraf pusat.

Itulah mengapa sebabnya orang Jepang, the tea drinkers, sangat jarang sekali meninggal disebabkan penyakit kanker atau serangan jantung, tak seperti orang-orang barat. Menurut Norman Hollenberg, professor dari Harvard medical School, teh dapat menurunkan resiko penyakit-penyakit mematikan yaitu stroke, serangan jantung, diabetes, dan kanker.

Manfaat tersebut dapat diperoleh dengan minum teh secara normal, dua cangkir per hari, baik teh hijau maupun teh yang tak berwarna hijau, dan sebenarnya tidak perlu berakting lebay seperti dalam Tea Ceremony. Namun, jika ada kesempatan mengikuti Tea Ceremony, ikutilah, dan rasakan sensasi teh dalam setiap ke-lebay-annya! Karena sebenarnya tak berlebihan jika mengatakan “kekkouni!”, Excellent!.

*references : Kuliah Farmakologi-Farmasi ITB, www.medicinenet.com , wikipedia.org , www.japanesetea.co.uk

5 responses to “The Japanese Tea Ceremony: Cara Minum Teh Sehat yang Unik

  1. Wah unik sekali ya cara minumnya dan ternyata teh mempunyai banyak untuk kesehatan kita. Terima kasih infonya (www.tehhitamsuper.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s