Ayo PCRan Tiap Hari!

Fiuhh.. jenuhnya.. baca jurnal seharian (bohong!) dan ngerjain powerpoint. Jenuh-jenuh gini enaknya mendengarkan playlist Rebel heart-nya The Corrs dan Ash Shaffat-nya Syaih Saad Al Ghomidi, hehe ga nyambung sih, tapi menentramkan.

As I thought before, this month become my busiest month ever!. I need to finish my experiment this month, it’s a Must!

Dan tema eksperimenku bulan ini adalah “Ayo PCRan tiap hari!”. PCR adalah Polymerase Chain Reaction, mesin yang menggandakan cDNA eksperimenku, mesin ini mencetak rangkaian-rangkaian DNA baru dari 1 potong DNA menjadi beribu-ribu DNA. “Efek Penggandaan” dalam proses ini dilakukan oleh enzim Taq Polimerase dengan suplai dNTP dan pengaturan perubahan temperatur-temperatur tertentu.

Ketika sadar bahwa 2,5 bulan lagi aku akan pulang ke Indonesia, terkadang aku shock dan merasa harus seharus-harusnya mendapatkan segala manfaat dari keberadaanku di sini selama ini. Kadang jadi semangat untuk (berjanji) membaca jurnal  dan belajar sebanyak-banyaknya, meskipun yang terjadi di lab selama menunggu reaksi PCR  mungkin mirip-mirip dengan komik  ini.

Atau fesbukan, hehe . Kata PhD komik, begini jadinya kalo para scientist punya tweeter (ya anggap sejenis facebook lah)

Sehingga nampaknya aku membutuhkan kata-kata ajaib untuk membakar semangat lagi, kali ini bukan dari Spongesbob and Patrick lagi.

Seseorang, yang mengajarkanku banyak hal di lab, berkata, “Kalau kamu belajar dan membaca lebih banyak, yang kuajarkan padamu akan jauh lebih banyak, karena setiap pertanyaan dari kamu akan membawa pelajaran baru.Rada-rada males kalau aku harus menjelaskan keseluruhan dari awal sampai akhir ke kamu kalau kamu ga ngerti gambaran umumnya”.

Mungkin ini mirip dengan yang diajarkan mentorku di suatu mentoring jumat di selasar Farmasi ITB. Saat itu sang teteh menjelaskan sebuah hadis tentang seorang hamba yang mendekati Allah Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Dan apabila dia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari.”

Kedua kisah itu bermuara pada hal yang sama “Sejauh apa effort kita untuk memulai!” . Seketika kita memulai, entah itu memulai belajar untuk kuliah maupun memulai beribadah kepada Allah, maka seketika itu pula proses amplifikasi itu terjadi. Seperti mesin PCR saja di Lab-ku, mesin yang menggandakan DNA menjadi beribu kali lipat. Sekecil effort yang kita lakukan sebenarnya akan membawa “efek penggandaan” yang kadang tak kita sadari.

Maka, ketika kita memulai belajar dan membaca lebih banyak jurnal, misalnya, pertanyaanku kepada tutor atau professor pun akan semakin bervariasi dan membuka wawasan baru yang jendelanya baru terbuka sedikit dari apa yang baru saja kubaca. Memulai belajar adalah memulai menekan tombol “ON” mesin PCR yang menggandakan pengetahuan kita. Memulai berbisnis, mungkin juga identik, dengan menyalakan tombol “ON” mesin PCR yang menggandakan usaha kecil menjadi perusahaan raksasa.

Dan memulai beribadah, tilawah misalnya, adalah menyalakan tombol “ON” mesin PCR yang menggandakan kecintaan Allah kepada kita.

Yeah! Ayo PCRan tiap hari!

7 responses to “Ayo PCRan Tiap Hari!

  1. Iya,,, 2.5 bulan tuh sangat-sangat singkat…

    Lakukan smua hal yang mnurut kmu dan orang-orang sekitar kmu harus kmu lakuin dalam sisa waktu di Jepang ini. ganbaree!!

  2. Menginspirasi :) salam kenal ya. ohya blognya aku masukin di list google reader. somehow, baca tulisan-tulisan di blog lebih seru drpada baca materi kuliah or bhn skripsi hehehe :P

    SALAM,
    BLOGWALKER

  3. Fakhriaaaa….akhirnya kau sadarkan aku lagiiii….!
    Iya nih…akhir2 ini entah mengapa kalo gak ngerti malah jadi macet, males, bukannya malah semangat cari tau. Duuuuh…inigawat inigawat!
    Makasih udah diingetin ya!
    *ayo Jooool…usahamu harus sebesar mimpimu!* —> menyemangati diri sendiri :P

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s