Ketika Kepiting Bertasbih

“Kepiting- Kepiting itu berlari demi cinta!” seru profesor tua.

Dahiku berkerut, ini profesor sok dramatis banget. Aku tak mengerti, hingga mataku benar-benar menangkap data-data penelitian itu. Ya, profesor tua telah mengambil kaki-kaki kepiting untuk dianalisis ekspresi genetiknya. Kaki-kaki gesit ajaib. Guna menjawab pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan pelari tercepat sedunia: mengapa kepiting yang sangat malas tiba-tiba bertransformasi menjadi pelari terhebat?

Makhluk kecil itu berlari, kaki-kaki kecilnya gesit melewati rumput-rumput, pasir, batu, dari hutan hujan menuju lautan, lima kilometer selama lima hari, demi menjemput kekasihnya. Menikah.

Lihatlah betapa energi cinta itu mengaktifkan  empat belas gen dalam sel-sel kaki kepiting itu, untuk memicu mesin produksi energi tanpa oksigen, (kalau kau bertanya pada profesor tua, ia akan menjawab itu namanya’respirasi anaerob’) hingga kaki-kaki gesit itu tak akan lelah, lima hari, menempuh lima kilometer, untuk menemui kekasihnya.

”Kepiting merah tersayang, kau sedang apa? Aku sedang berlari menjemputmu, tunggulah sebentar” serunya sembari berlari.

Maka bolehlah seseorang semakin percaya, profesor tu itu tak berdusta, bahwa cinta itu memang energi. Yang bisa membuatmu berlari lebih cepat, dan melompat lebih tinggi. Apapun resikonya. Apapun yang terjadi. Cinta tetaplah energi. Dan kau pasti menerti maksudku, bolehlah seseorang membutuhkan energi, untuk berlari menjemput impian-impian selanjutnya.

***

Mencoba tetap ilmiah meskipun melow..  :D hehehe. Kisah ini fiksiku dari data saintifik beneran. Dari artikel : lazy crabs run for love. The science magazine. April 2010. Okelah. Begini. Sejujurnya aku cuma mau bilang, Aku akan menikah 10 hari lagi kawan, tentu bukan dengan kepiting, tapi anggap saja dia pangeran berkuda dari seberang sana. Hihi. dan ini adalah wedding blog ku  :D

4 responses to “Ketika Kepiting Bertasbih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s