Novel..

Rasanya sangat lama, semangat bermimpi itu tak semeluap-luap yang dulu. Entah karena luapan itu telah benar-benar meluap tumpah hingga habis, atau luapan itu terpanggang dan menguap. Yang jelas aku mendapat pelajaran berharga yang menyenangkan tiap kali aku membaca novelnya Andrea Hirata. Kali ini tentang Padang Bulan dan Cinta dalam Gelas. Aku suka. Dan semangat mimpi-mimpiku bagai terpercik api hingga tersulut kembali. Meluap lagi, dan kali ini tak akan habis.

Tak terbayang kalau nasibku semenderita Maryamah, namun sama sekali aku tak pernah ingin membayangkan kisah cintaku sekonyol Ikal. Ah, tapi memang, cinta selalu punya jalan ceritanya masing-masing, biarkan ia menjejaki indahnya liku-likunya. Pernahkah kau merasa sangat dicintai seseorang? dan tiba-tiba memecah kesenyapan kau mendengar  ia berkata, “aku kira, cinta yang membuat dua orang saling mencintai itu tak pernah ada, dan aku tak pernah percaya dari dulu, mungkin hanya fiksi-fiksi novel atau film, tapi sekarang aku baru percaya, aku merasakannya”. Ah..Kawan, tahukah kau, titik leleh hatiku telah mencapai nol derajat selsiusnya H2O, meleleh tak karuan. Tepat beberapa menit yang lalu. Cinta memang selalu punya cara. Mungkin titik leleh itu juga yang sama dirasakan Ikal saat melihat paras kuku A Ling jaman dulu, hehe, sekarang aku mengerti mengapa dia sangat lebay.

Dan ternyata cinta adalah sesederhana secangkir kopi dalam gelas.

Dan belajar adalah keberanian melawan ketidakmungkinan. Itu kata Ikal, bercermin dari Maryamah yang sungguh, kalau ada orang seperti itu di dunia nyata aku ingin bertemu dengannya. Tangguh, gigih,tabah,pembelajar kuat dan dia.. wanita! Baginya belajar bukan hanya meraih sesuatu, tapi adalah karena perayaan dari kemerdekaan belajar itu sendiri.

Dan kalau aku kembali pikir-pikir, aku rasa memang hidup ini punya dua kosa kata penting—yang mungkin perlu dicatat pemuda-pemudi Indonesia, yaitu: “bersyukur dan bekerja keras”.

2 responses to “Novel..

Leave a Reply

