Ayo Olahraga!

Sport Phisiology. Ikutan kuliah ini berasa training motivasi untuk rajin belorahraga dan hidup sehat. Serius, dan terhitung sejak kuliah pertama aku jadi rajin banget menngerak-gerakkan tangan, kaki dan seluruh tubuhku bersama para ibu-ibu dan para mahasiswi pecinta aerobik di Saraga seminggu sekali, hehehe. Dan terbukti : segeer!

Dosennya lulusan Jepang, S2 dan S3 nya di sono, jadi kebayang kalo beliau cerita tentang Tokyo dan sekitarnya aku bisa membayangkannya sedetail-detailnya, betapa sehatnya gaya hidup mereka : misalnya jalan kaki, dan sejak penempuhan jalan kaki ku dari stasiun Fujigaoka hingga Umegaoka dorm, memang masuk angin jarang mengginggapi ragaku, tak seperti pas kuliah di bandung hehe. Oiya selain itu, gara-gara kuliah itu aku jadi tau kenapa daging kobe itu mahalnya selangit (Soalnya si sapi punya perawatan khusus seperti massage, nyewa tukang pijit di Jepang mahal, apalagi pijit buat sapi :D dan si sapi harus minum sake 3 hari sekali), jadi tau kenapa sumo itu istrinya cantik-cantik (haha ga penting, soalnya gaji atlet termahal di Jepang adalah pesumo), dan ternyata klub-klub bola macam Manchester united, Real Madrid punya sport medicine team di belakang pemaen-pemaennya, ga kaya PSSI nya Indonesia, jangankan buat sport science, di-gayusin aja lah duitnya buat korupssi, katanya.

Nah, ternyata dong! Telah dilakukan penelitian di Jepang tentang penyakit jantung. Pada zaman dulu, orang Jepang kan jarang banget kena penyakit kardiovaskuler yang mematikan itu, pastinya karena gaya hidup mereka yang ke-samurai-samurai-an (ini maksudnya apa? hehe), rajin jalan, makan sayur, dll, namun penyakit ini ditemukan meningkat jumlahnya pada generasi baru. Dan cerdasnya mereka menelusuri sejarahnya dan ternyataa generasi berpenyakitan jantung itu dimulai ketika menjamurnya restoran-restoran fast food (terutama McD) sekaligus junk food di Jepang yang diimpor dari mana lagi selain dari Amerika, negerinya para junk-food-er yang jadi rangking satu urusan penyakit jantung.

Sejak munculnya Mc D di Jepang, makanan super murah yang bisa dikonsumsi  oleh berbagai kalangan, gimana enggak? Ga kaya di McD Simpang Dago dimana kalau beli burger harus ngeluarin berlembar-lembar rupiah, eh di McD Ookayama cuma butuh satu koin 100 yen buat cheese burger. Sejak saat itulah dimulai track record pasien penyakit kardiovaskuler penduduk Jepang. Adalah lebih sehat bagi mereka mengkonsumsi miso siro, salad, dan sushi ketimbang junk food impor itu, meskipun jadi godaan besar sih, murah banget soalnya. Lha? Di Indonesia? Bandung deh? Udah mahal bergernya bikin penyakitan pula. Ini sama kayak membayar mahal biar jadi sakit trus bayar mahal lagi buat ngobatin sakitnya.

Maka sebagai orang Jawa yang baik, makan Sego Pecel itulah yang sebenarnya sehat. Mengandung banyak antioksidan serta vitamin dan mineral, bahkan kata dosen fitokimia ku, telah ada penelitian bahwa senyawa-senyawa flavonoid dalam sayur yang dimasak jumlahnya justru lebih banyak dibanding pada sayuran segarnya! Hehe kami ketawa pas dikasi tebak-tebakan ini di kelas. Oya, lalap-lalapan di samping ayam goreng atau ayam bakar itu sebenarnya bukan hiasan looh. Itu justru antioksidan yang bisa menetralkan radikal bebas dari gorengan dan bakaran yang kita makan.

Maka solusi tepatnya adalah : banyak makan buah dan sayur serta OLAHRAGA! Olahraga benar-benar dapat mengurangi resiko-resiko penyakit kronis di hari tua. Kalo pas masi muda gini kita males, ya udah bisa diprediksikan hari tua nanti penyakit diabetes, hipertensi, stroke, serangan jantung, bisa menjangkit tubuh dengan mudahnya. Yo yo yo! Mari berolahraga! Bandung seger kalo pagi-pagi! Hihi..

3 responses to “Ayo Olahraga!

  1. woho.. sodara2.. setelah saya ingat2, ternyata saya sering lari + aerobik nya hari sabtu :D pantesan ga ketemu ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s