Kawan Lama

Pernah punya kejadian penting yang konyol masa kecil? Sama, aku juga punya. Ga jaman kecil-kecil amat sih, melainkan hanya jaman sekolahku di sebuah madrasah di tengah sawah yang populer dengan nama MTsN. Hehe. Sekolah yang paling banyak memberi kenangan mengharukan bagiku. Aku punya kawan lama, kawan baik, kawan usil, kawan ga jelas, eh bentar, segalanya mengarah pada satu orang. Dan kawan itu pula yang sampai sekarang masih keep kontak sama aku, setidaknya kami tak pernah tak sms-an selama seminggu. Sahabat sejati? iya, boleh dibilang begitu, dan kami berkomitmen akan hal itu sejak lama, ya sejak kami berteman, hmm.. (bentar, aku menghitung jari) 10 tahun yang lalu. OMG, serius, 10 tahun yang lalu! saat umurku masih 12 tahun?!!

Nah karya konyol dan penting kami saat itu adalah : buku harian sekolah! dan saat ini ada di tangannya, ia pasti menyimpannya baik-baik. Berawal dari kedekatan kami yang sangat dekat dan aneh, entahlah kadang aku sebal sesebal-sebalnya tapi juga kangen sekangen-kangennya, sama dia. Dia gadis baik-baik, meskipun cerewet. Dia teman yang perhatian banget, meskipun kalo ngelawak ga tanggung-tanggung, dia pintar dan rajin membantu kakaknya mengurus keponakannya, dia sangat dewasa gak cengeng kayak aku, tapi kadang dia bandel dan usilnya amit-amit, dia sering mengunci kepalaku di dalam tas pas aku lagi pusing dan masukin kepala ke dalam tas (volume tasku sangat besar, dan modelnya tak berresleting tapi ada tali yang ditarik seperti kalo mengikat kantong HP), nakal-nakal gitu yang jelas dia teman terbaikku pokoknya! Bahkan ketika aku di Jepang pun, aku masih mengirim kartu pos untuknya, tak bisa melupakannya.

Dan kesedihan itu berawal ketika ia memutuskan akan pulang ke kampung asalnya di Trenggalek, di mana pada zaman dulu orang-orang di sana suka makan gaplek. Hehe, pastinya dia juga. Maka kami berdua berniat mengabadikan segala kejadian di kelas kami setiap hari, secara sembunyi-sembunyi aku dan dia mencuri-curi waktu di antara catetan pelajaran, mencatat warna cincin berlian guru PPKn, mencatat pak Guru Ekonomi salah mengeja dua dan tiga, atau pak guru matematika yang selalu mengucapkan kata “DUA” dengan logat khas Mojokerto yang kental sekental susu kental manis. Semuanya tercatat! ah.. aku sungguh kangen catetan itu. Termasuk tentang pemilihan ketua kelas, pertandingan sepakbola Juventus vs AS Roma, dulu aku dan dia Juventini, hehe. Kejadian-kejadian memalukan para personel kelas 3D, haha, ah iya.. termasuk kejadian temen yang diam-diam merayap, dan ada juga si anak yang datang setiap jumat yang naksir seseorang di kelas kami, ada teman yang naksir Pak Guru Bahasa Arab, dan ada teman yang GR gara-gara Pak Guru Bahasa Indonesia, aaah.. semuanya tercatat dengan sangat konyol! lengkap dengan jam kejadian.

Hingga kami benar-benar berpisah, kala itu tak ada HP, dan telepon pun masih jarang. Ia meninggalkanku di Ngawi sendirian. Sedih rasanya, ga mendengar kecerewetan dan suaranya yang cempreng maut :D. Namun kami saling berjanji, untuk mengirim surat satu sama lain, dan disisipkan selembar episode buku harian masa Madrasah dulu itu.

Hey hey, inilah dia beberapa catetan konyol kami, aku dapet dari salah satu suratnya. pelan-pelan bacanya :

Selasa, 14 Mei 2002. Pak Guru Bhs Inggris menamai Mr.Jay dengan nama Jayinomoto (07.20) .”Panci” kalo gebres (bersin) lucu sekali, mak brus mak brus! (09.30). “Suse” bawa buku PPKn cawu 2 bukan cawu 3 mungkin dia nglindur (10.15). “Where” disuruh bu guru baca PPKn, nada membacanya seperti orang lagi pidato mungkin cita-citanya jadi mubaligh (10.30). Kursinya “Supr” bokrak, suaranya mak kretek-kretek, lalu dia pindah ke depan, untung yang menduduki bukan mbak R** mungkin bisa jadi dia jatuh (10.45)

Ah, hanya kami yang tahu kode-kode rahasia di dalamnya, dan hanya kami yang ketawa ketika mengenangnya. Buat kawan lama ku yang berulangtahun di bulan ini, selamat ulang tahun kawan. Jangan bandel ya, aku tetap sahabatmu selamanya :)

 

One response to “Kawan Lama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s