Belum dapat hidayah belajar bahasa sunda

# Cai

“Neng, punten tolong dipindahin cainya”

“Lho, kok yang ada cuma air doang, ‘cai’ nya mana?” gumamnya dalam hati, matanya masih mencari-cari sesuatu di dalam ember.

ternyata cai adalah air.

Itu adalah cerita si Anil, seorang temanku yang imut asal Padang.

#Payun

“Payung pak Payuuung..”

kata-kata itu sering salah terdengar pas di angkot, dan setiap kali ada orang bilang gitu, pak sopir menghentikan angkotnya, saat itu pula aku selalu melongok ke sekeliling jalan, mencari penjual payung.Tapi kok ga pernah ada ya? padahal aku pengen beli payung, bandung hujan tiap hari.

Beberapa bulan kemudian, ternyata bukan payung, melainkan “Payun”, yang artinya “depan”. Akhirnya aku beli payung ke Hypermart.

#Salapan

Pas UTS fisiologi olahraga di Oktagon, ada mahasiswa yang telat, ngos-ngosan sampai depan kelas, namun tak boleh masuk oleh bapak-bapak pembawa infokus (pegawai TU itu tuh), karena ruang ujian dibagi dua, satunya di kelas lain.

“ka salapan tilu kosong genep”,

si cowok garuk-garuk kepala, “salapan apa Pak?”, anak-anak di kelas menahan tawa, tapi tak berani bersuara, ujian tauk!

“Iya, salapan tilu kosong genep”

cowok itu makin bingung, tapi tak bersuara (dehidrasi kali, habis lari-lari, ini kan ujian fisiologi olahraga? :D).

“Ssssshh.. sembilan tiga osong enam! buruan kesana, ruang ujiannya dibagi dua” , salah satu mahasiswa berperangai baik  menoleh dan menjelaskan perkaranya.

#Tilu

“A-I-Tilu lu apa? minjem dong”

“hah, apaan? kagak punya gue”

“AI-Tilu.. buat ngenet, bukannya barusan lu pake?”

Mahasiswa gaul itu bengong sejenak, menatap temannya yang sibuk dengan laptopnya.

“Oh, AI3..”

percakapan ini terdengar oleh mahasiswi cantik yang sedang ngenet di dekat sampoerna corner, kemudian menulisnya ke suatu blog ini

11 responses to “Belum dapat hidayah belajar bahasa sunda

  1. hehehe..tos dulu Fah..
    Nggak berani ngomong﹑kwatir salah..belanja ke pasar mending nyari yang muka2 jawa aja daaaah..hahaha
    Daaan nasiiiib, skrg nikahnya pun sama tiyang jawi. Lha piye..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s