catatan sepulang sekolah

Jangan khawatir, aku baik-baik saja. Cuma sedikit sibuk belajar (bohoong!) buat UAS terakhir seterakhir terakhirnya di kampus tercintaah.. huaaaahhh… doakan aku! aku ingin sekali bermanfaat buat negri ini, secepatnya! secepatnya sungguh! memberi segala hal yang aku bisa dengan cara yang cerdas! cara yang cerdas memakmurkan bumi!

Petang ini sepulang sekolah, di pinggir jalan Dago yang dibungkus gerimis sunyi, lampu merah meradang, di pinggir jalan seorang pengamen  menggigil bernaung di bawah pohon, bajunya gelap, dingin, rambutnya kuyup meneteskan butir-butir asa, perutnya kelaparan terlihat dari muka pucatnya yang meringis.

.sedihku merayap dan aku hanya bisa diam. tercekat mutlak. Hati nurani ku sebagai manusia teriris, saat tepat di samping kananku mobil Alphard senilai 1 M bertengger nyaman.

Oke, dan kami berada dalam garis lurus sekarang, garis linier dengan tiga titik. samping kiriku sang pengamen menggigil, samping kananku Alphard 1 M pengecut yang bahkan spionnya pun bisa menghidupi pengamen itu berbulan-bulan.

Lampu hijau menyala menatap penuh kehinaan, bukan salah siapa-siapa, namun gerimis menderas mengutuk, mengutuk aku yang masih tak bisa berbuat apa-apa.

3 responses to “catatan sepulang sekolah

  1. you could’ve done something at that moment, i mean, you dont always have to wait for big opportunities. you make your own..

    • You right dit
      aku dan teman2 pernah duduk bareng mereka, buka bareng. Tapi cuma sebatas itu doang. I wish I could do more..

  2. sejak dekat jarakku dengan mereka, sejak bisa aku mencium bau matahari dari tubuh-tubuh mereka, sejak terang aku mendengar celotehan mereka, sejak itulah aku tahu banyak tentang mereka.

    mereka memang miskin, mereka memang butuh uang. Tapi sungguh, jauh di dalam permukaan fana itu, mereka lebih butuh ilmu dan bimbingan.

Leave a Reply

