Mata kena cabe? Tenaaaang…

Huaaahhh.. alhamdulillah mataku selamet!..

Pagi-pagi di hari minggu, lagi asik-asiknya nguleg sambel di dapur.. and the accident suddenly..”Creeeshh!!!!” Aaaaaaaaaaaaaaaaaa……….!!! kedua mataku kena! pedes dan panasnya setengah mati! Ya Allah.. ampe kepikiran kalo mataku ga bisa ngeliat lagi, naudzubillah. Langsung buka kran! encerkan konsentrasi capsaicin di mata! basuh mata dengan air kran sebanyak-banyaknya, aku berusaha membasuh mataku sampe gelagepan sendiri di wash-bak dapur, hingga seseorang mengambilkan handuk kecil dan mendekapku erat (houhoho..). Alhasil, pedih dan pedasnya berkurang, dan aku bisa melek dengan segar setelah beberapa menit. dan berpuluh-puluh menit kemudian, aku bisa ngepost tulisan inih.

itu adalah metode pertama kawan, jadi intinya ada 2 cara mengatasi mata yang terkena cabe:

1. Metode Pengenceran

Basuh mata dengan air sebanyak-banyaknya, lebih bagus air kran yang dingin, atau air dingin lebih nyaman, tapi pastikan airnya bersih!. Kandungan pedas atau yang namanya capsaicin dari cabe dapat mengiritasi permukaan sel yang menyebabkan panas dan periiih banget. Makanya, capsaicin di mata harus diilangin secepatnya dengan air sebanyak-banyaknya. Ini sangat cocok untuk keadaan darurat, karena air tersedia di mana-mana, terutama di dapur alias tempat nguleg cabe.

2. Metode reaksi emulsifikasi

Basuh mata yang kena cabe dengan susu murni segar, atau yang susu dingin yang ada di kulkas, (dan bukan susu basi atau yang sudah terbuka!). Capsaicin merupakan salah satu jenis minyak atsiri yang bersifat nonpolar. Susu adalah emulsi cair yang punya kandungan polar dan nonpolar sekaligus emulsifier. Susu ini dapat mengikat capsaicin kemudian menyeretnya keluar dari mata anda. Sensasi dingin dari susu akan meredam rasa sakitnya juga.  Ada yang bilang juga kalo susu dapat memecah senyawa-senyawa dalam cabe sehingga rasa pedasnya hilang. Oya, untuk yang pake susu ini aku belum pernah nyoba tapi banyak orang yang mencobanya, dan terbukti berhasil, ga ada rasa panas-panas yang tersisa. Tapi.. as the chili splash to your eyes.. rasa pedes dan panasnya itu lhooo.. ga kuaat.. ga bisa ditahaaan, dan ga bisa ditunda untuk beli susu ultra dulu ke indomart, yaa.. mending cari sumber air terdekat, ambil baskom, rendam mata, atau guyur dengan air yang mengalir (kaya berwudhu membasuh wajah, tapi ini air dari telapak tangan diarahkan ke mata). Dan, berarti susus ini juga efektif buat orang yang “kapok lombok” dalam arti sebenarnya, kepedesen gara-gara kebanyakan makan cabe (sambel, gurilem, kerupuk setan, seblak, rujak, etc).

Hosshh… begitulah. Ternyata punya mata sehat dan segar dan bisa berkedip-kedip sepanjang hari adalah nikmat tak terkira kawan. Mari bersyukur dan hati-hati kalo bikin sambel :)

3 responses to “Mata kena cabe? Tenaaaang…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s