Syu-Jun 5weeks

Hai hai hai syu jun sayaang, hehehe. ini bukan artis korea sodara-sodara, tapi nama embrio saya yang sebentar lagi naik tingkat bergelar fetus, hehe. Syu-jun adalah Syufyan junior, co cwiit mama… OK, mama lagi ga bisa tidur nih, kamu sedang ngapain sih di dalem? kok bikin mami ampe nyeri-nyeri kayak mau dapet, hehe. and it turns out to the term “abdominal pain in early pregnancy”.

Nah, every mom-to-be sangat aware banget dengan trimester pertama dimana si mungil lagi mungil-mungilnya dan artinya ia masih sangat rapuh dan rawan sekali terjadinya keguguran. Mungil, cute, rapuh, dan tumbuh dan ia baru segede biji ketumbar mungkin, itulah yang dialami syu-jun saat ini, itulah sebabnya mommy nya butuh banget dukungan baik fisik, mental, rohani, dan finansial (misalnya mendadak ngidam donat Jco, haha *tapi ga jadi beli gara-gara mendadak ga pengen lagi pas nyampe depan Jco, jauh-jauh dianterin pulak, gyahaha. Percayalah, nyidam adalah sugesti belaka).

Secara fisik pun need help juga untuk masalah angkat-angkat berat (untungnya saya ga hobi angkat-angkat lemari :D), suplemen juga butuh terutama asam folat biar si kecil semangat banget membelah dirinya (it is called embryogenesis) dan mengurangi resiko defect pada bayi, misalnya susu prenagen atau anmum atau suplemen asam folat dari apotek. Kalo aku udah minum prenagen sejak kuliah, dan sempat jadi “topik menarik” temen-temen pas belajar sidang siang dan malam, secara aku harus minum susu twice a day dan kami belajar bareng dari pagi ampe pagi lagi, huohoho.. ketauan deh merk susu masing-masing : ada yang milo (yang merasa butuh energi tinggi buat tumbuh, hehe), ada yang WRP (yang lagi diet atau yang udah tunangan dan udah fitting wedding dress), dan aku : prenagen esensis, buat perencanaan kehamilan. Hehehe. alhamdulillah semuanya lulus sidang sarjanaa… *huhu momen mengharukan.

Dan pertanyaan sidang yang paling oke adalah : gimana cara menghitung dosis obat untuk bayi? hal-hal apa saja yang harus dipertimbangkan? dan apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh bayi? Yess! aku berseru dalam hati, lha wong saya sangat mengharap kehadiran baby otomatis saya tau lah jawabannya hihihihi. Makasi ya syu-jun, alhamdulillah dengan mempelajari kamu otomatis mendapat pencerahan pas sidang kemarin hehe. Dan diam-diam ternyata kamu ikut mommy diwisuda ya? hehehe.. kereen.. belum lahir udah sarjana! :D nanti temenin mommy kuliah PhD ya, hehe.

Dan ilmu kefarmasianku nampaknya bermanfaat juga untuk menganalisis data-data yang ditampakan syu-jun. Suer.. ini hamil rasanya kayak TA lagi aja, hehe. Gimana nggak? sekarang hobi banget browsing and searching tentang baby development, parenting, pregnancy health, breast feeding, dan download ebuk-ebuk udah kayak download paper buat TA, hehe (bagi yang mau minta ebooknya, comment di bawah aja ya). Senang juga akhirnya nemu komunitas ITB Motherhood yang keren abis buat konsultasi mahasiswi, calon emak, maupun emak-emak.

Memang penting banget banget banget bangettt buat wanita untuk belajar seputar hal itu, gimana enggak, aku aja untuk memproduksi obat misalnya, harus kuliah selama 4 tahun, bikin skripsi, dan sidang, dan harus apoteker juga seharusnya. Obat yang ditelan dan beberapa jam kemudian musnah, perlu dipertimbangkan formulasinya, farmakologinya, uji klinisnya, daan seterusnya. Apalagi untuk si mungil syu-jun yang lagi under construction in my tummy. OMG! zalim banget rasanya kalo aku ga belajar padahal ia adalah amanah sekaligus aset di muka bumi!. Sampe ada yang bilang belajar tentang pregnancy, breastfeeding, dan parenting buat ibu-ibu tu harusnya ampe jadi thesis for each mom saking banyaknya hal yang harus dipelajari, apalagi REAL TIME banget datanya!.

Misalnya data yang baru aku dapet hari ini, (ciyeeh data bo!), indikasi lah : nyeri-nyeri pada perut bagian bawah, rasanya kayak mau dapet. Tadinya sempat nyaritau dan shock bahwa nyeri-nyeri itu adalah salah satu gejala misscariage (keg_g_ran) I’m afraid even to say that. Tapi ternyata nyeri ini adalah gejala yang normal kalo ga disertai pusing hebat dan pendarahan dan gejala serius lain, soalnya si syu-jun yang lagi tumbuh terus need more space to grow, sehingga endometrium atau rahim mulai berekspansi dan nabrak-nabrak ligamen otot, nyeri deh. Nyeri ini juga disebabkan oleh si syu-jun mungil yang lagi berimplantasi ke rahim, (hati-hati ya sayaang..). Alhamdulillah akhirnya ga deg-degan lagi, dan aku harus selalu yakin bahwa syu-jun adalah embrio yang tangguh dan selalu bersemangat untuk terus tumbuh dengan baik. Ayo semangat syu-juun :)

Syujun sekarang lagi berkembang neural tube-nya, alias suatu calon organ saraf yaitu otak dan sumsum tulang belakang. Jadi anak cerdas ya sayaang.. dan sekarang syujun minta tilawahnya harus 1 juz per-hari hehehe, mentang-mentang mau ramadhan nih.. gaul juga ni anak, rasa rewelnya perut jadi reda kalo abis tilawah. Hehe, anak sholeh.. Terus si calon plasenta (primitive placenta) nya mulai berkembang dengan baik, yang nantinya akan ngirim makanan dari mami ke syu-jun biar sehat selalu.

Hehe, dan sampai saat ini mommy-nya tidak pernah mual sampai muntah. Alhamdulillah, kan 80% wanita hamil akan mengalami nausea and vomiting alias mual dan muntah, semoga aku 20%nyaa.. amiiiiiiinn.. tapi ya siap-siap juga, some literature said that in this weeks 5 kemungkinan bisa mual dan muntah karena implantasi lagi seru-serunya, huhu demi syujun tersayang gapapa deh, karena pengorbanan adalah cinta :). Dan rasa sakit yang bahagia ini ga akan dirasakan siapapun kecuali seorang wanita yang sedang mengandung. huhuhu.. mungkin itulah sebabnya ibuku tak pernah nagih hutang budi atas mual muntahnya pas mengandung aku, karena rasa pengorbanan ini sangat membahagiakan. Well, kalian ga akan kebayang lah kalo ga lagi hamil, hehe. Prenagen yang aku minum pun udah naik level dari “esensis” ke “mommy”, dan sengaja beli yang emesis (meskipun ga mual2) gara-gara dapet hadiah tupperware, halah.. (dasar emak-emak) -_-“, hehe. Yang penting si kecil baik-baik ya di dalem.. :) mommy and dad miss youu..

9 responses to “Syu-Jun 5weeks

  1. Mom…gimana caranya untuk menanikkan kadar hormon progesteron?apa yg harus saya konsumsi yg alami…biar progesteron saya naik…..tq ya mom…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s