Syujun 10 weeks: Ngidam?

Syujun  (Syufyan Junior) lagi growing menuju usia 3 bulan! usia kehamilan fenomenal yang identik dengan morning sickness yang lebay kayak di sinetron-sinetron, ehehe.

Begitupun perjalanan perkembangan syujun, hari-hari pertama usia 3 bulan ditandai dengan nausea and vomiting every morning 3 hari berturut-turut, fiuuhh.. Padahal saya telah memanfaatkan rukhsah as non-shaum pregnant mom, tapi perjuangannya sungguh terasa. (For your information, berpuasa pada kehamilan trimester pertama masih sangat rawan, sehingga dokter dan hampir semua literatur yang kubaca juga tak menganjurkan puasa, dan ini diizinkan Allah).

Dan ajaibnya, ini adalah hal yang tak pernah dikeluhkan seorang ibu pada anaknya, seumur-umur sejarah manusia, ga ada yang protes sama anaknya dan mengungkit-ungkit “pas ibu hamil kamu nih, ibu harus muntah-muntah tiap hari nak..” suer nyaris ga ada, dan ternyata sekarang aku tau sebabnya apa. Karena, ketika seorang bunda bertanya dalam hati pada si kecil, “nak, kamu lagi ngapain? sehat kan di dalem?”, jawabannya adalah mual dan muntah itu yang berarti “aku sehat mama..”.

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa wanita hamil yang mual dan muntah lebih sedikit yang keguguran, so those morning crazy throwing up might be a sign of healthy pregnancy, but those mom-to-be who are not experiencing that nausea and vomiting juga ga perlu khawatir, karena kadang-kadang bayinya juga sehat, mereka orang-orang yang beruntung saja.

Nah, begitu pula tentang something called Ngidam! yang hampir dirasakan kebanyakan (tidak semua) wanita hamil. Fenomena yang belum diketahui secara ilmiah ini melanda hampir sekitar 85% wanita hamil. Kalau emak-emak diIndonesia biasanya ngidam rujak atau mangga muda, atau yang aneh-aneh, dan emak-emak Amerika ngidam acar bumbu keju, steak, atau apalah, maka kali ini ‘mungkin’ syujun ngidam japanese food. ehehe

Tapi jujur saja rasanya enak! (hehe, dasar..) totally japanese taste! Miso soup-nya mengingatkanku pada masa-masa menikmati miso soup di kantin  Suzukakedai sambil melihat Pohon sakura diterjang angin dan menghujani tanah dengan petal sakura. Salmon grill nya kayak traktiran teman-teman lab dulu di Hokkaido.  Norinya persis kayak yang kumakan sehari-hari di dorm. Ohh.. beda jauhlah ama restoran-restoran Jepang di Bandung yang sebagian besar rasanya telah di-Indonesia-kan.

grilled salmon yummy…

edamame and soyu salmon

my own sushi

Alhamdulillah, Syujun telah melewati 10 weeks, artinya hampir semua calon organnya telah lengkap, dan ia sekarang menjadi fetus! (not an embryo again), selanjutnya adalah tahap diferensiasi dan organogenesis untuk pematangan organ-organ tubuhnya, ia akan membelah diri dengan sangat rajin, dan bertumbuh semakin besar. semangat ya sayaaang.. I am waiting for you!

6 responses to “Syujun 10 weeks: Ngidam?

  1. fafaaa… selamat mengidammm…hehee..
    smg ibu dan bayinya sehat selaluuuu.. dan bisa lahir dengan lancar amiin.. aduh fafa udah mau jadi emak2 ajaa…
    rencana lahiran dimana fa?

  2. Hehehe..Alhamdulillaah, aku termasuk yang tidak mual-muntah di awal-awal kehamilan Fah. berarti aku beruntung yak.. :D
    ohya, nggak pake acara ngidam juga, ayah ato mbah utinya malahan yang ngidam.. :)

  3. Mba, sy mpe gelinangan aer mata pas baca blog nya, Saya merit setahun lebih 3bulan, namun masih aja ga dapet. blakangan sering mual, sampe hampir semua ciri2 org hamil sudah gw alami, namun test-pack yg sudah ke -22x nya memberi hasil NEGATIVE. pernah juga ngotot dokter usg, & malah ketawain sambil ditunjukin ke layarnya bahwa didalamnya Nothing. Sedih banget, mkny pas baca blog ini, sedih & terharu… gw tiap hari mual2, & i really wont mind IF there’s baby inside of me.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s