Khan Academy, belajar berasa maen game dan nonton film

Ini adalah saalah satu situs favoritku : Khan Academy ! Pendirinya adalah salah satu tokoh favoritku juga, Salman Khan, weeitss ini bukan pemaen film india boy! dia adalah lulusan MIT sekaligus Harvard, dan mengantongi 4 jurusan! kebayang lah jeniusnyah, dia emang tokoh panutanku lah di dunia pendidikan, mencerdaskan dunia dengan cara yang sangat cerdas dan sederhana!

Dan kerjaanya cuma nge-youtube, bikin video edukasi yang tadinya buat keponakannya, eh tiba-tiba dia mendadak merubah dunia! Donasi pun mengalir terus, berkat videonya yang gratis and downloable, semua orang di planet ini bisa belajar gratiss.. bahkan videonya dipake buat kurikulum dan bahan ajar di sekolah terpencil di pedalaman afrika sana. Dan situs ini juga yang membantu sedikit banyak pas belajar sidang kemaren, kalo lupa-lupa inget termodinamika, konsep2 biologi dasar, imunologi, fisika dasar, kimia dasar. Dan yang paling menggetarkan adalah matematika! enak banget ngajarnya kayak dosen tpb yang perfeksionis tapi sangat mencerahkan.

Nah, selain sesi video buat belajar, Khan Academy juga punya sistem Game Matematika yang oke punya. Sodara sepupuku yang masi kelas 2 SD yang suka banget nge-game pun ketagihan ngerjain soal matematika di situs ini! dan based on Khan, ada pula anak SD yang saking doyannya ngerjain ini soal, sampe ke level kalkulus anak kuliahan, padahal masi kelas 5 SD. Kalo penasaran mending coba sendiri lah, mungkin kayak gitu kali ya rasanya belajar di MIT atau Harvard?

Syujun pun ketagihan ngerjain soaal! entah ini akibat keturunan papanya yang emang doyan math atau emang situs ini menarik, yang jelas aku ga gitu suka kalkulus hehe, secara kalkulus aku B, kayak justin beiber lah. Alhamdulillah sih, tapi ya kayak gini lah perasaannya kalo dapet B di kampus ganesha. (foto dari fuckyeahganeca). yang jelas gara-gara Khan Academy ini syujun bikin aku ngidam ngerjain soal matematika! nah lo.

Tapi aku yakin kalo beneran belajar lagi pake Khan Academy, kayaknya malah susah deh buat dapet B. Dijamin nasib lo ga akan mirip justin beiber.

Khan Academy adalah salah satu inspirasiku untuk impian besarku, bagaimanapun juga bangsa ini butuh generasi yang cerdas kan untuk berubah ke arah yang lebih baik. Nanti lah syujun pasti aku privatin pake Khan Academy, dan kemudian aku bikin fasilitas les gratis di kampungku yang kurikulumnya Khan Academy, yeah.. one step closer to NTU (Ngawi Technological University).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s