Tips Bisnis Online untuk Pemula

Gud Nite Ladies.. seperti Work-at-Home-Mom lainnya saya biasa melakukan riset pasar, kompetitor, maupun merancang strategi bisnis di malam hari, ketika anak dan suami terlelap, ketika itu pula emak-emak mencari nafkah (biyuh-biyuh.. bahasanya boong bangett ;p padahal cuma berakhir dengan ngeblog dan kerjaan masih numpuk, haha.)

Kali ini saya mau sharing aja tentang tips memulai bisnis beneran, ingat bisnis beneran ya, saya ngga akan nampilin saldo rekening saya atau testimoni-testimoni ibu rumah tangga bergaji jutaan yang ujung2nya mengajak anda bergabung jualan kosmetik, Oh NO! bukaaaannn!! sekali lagi bukan! saya pernah juga tergoda iming2 itu dan mungkin memang bukan rezeki saya, akhirnya saya bangkrut seminggu setelah join bisnis macem itu, hehe. Akhirnya saya tau alasannya kenapa saya bangkrut, dan itu akan menjadi point penting nomor satu :

PASSION!

Kalo kamu bukan wanita yang setiap bulan hobi banget spending money buat beli kosmetik banyak, atau bukan seorang yang sering mengeluh “duh kok bedak gue cepet banget abisnya”, atau bukan seorang yang sering menolak ajakan temen karena ada jadwal luluran mingguan, plis stop jualan kosmetik deh. Serius, setinggi apapun bonus yang di-iming-imingkan kalo kamu aja ga tau cara make barang yang kamu jual, ga akan pede ngejualnya. Maka saya rasa itu cukup menjadi faktor penting kebangkrutan saya kala itu, hahaha.
Satu hal yang penting yang bakal bisa membuatmu enjoy menikmati suka duka bisnis adalah PASSION. Note that. Temukan passion-mu dulu, hobi kamu apa, kesukaan kamu apa, and be serious with that. Kalo kita melakukan hal yang kita senangi, ga akan kerasa capenya, setiap development menjadi sangat asyik, setiap kompetitor menjadi tantangan baru, dan lama-lama kamu ga sadar, bahwa saldo rekeningmu pun melampaui emak-emak penjual kosmetik itu. Trust me.

Terus gimana cara menemukan passion kamu?
1. Coba cek deh, barang apa yang paling sering kamu beli dalam sebulan, atau barang apa yang sering kamu intip di online shop? atau barang apa yang paliiing kamu idam-idamkan sampai harus menabung untuk mendapatkannya. Nah, dari sana mungkin akan ada titik terang. Itu pula lah secercah cahaya yang saya temukan sedemikian hingga saya terjun ke dalam online shop saya hehe (oh itu web nya masih under construction, ini facebooknya)

2. Gugling (baca googling) bisnis apa yang paling kamu inginkan. Nah dari gugling tentang “kerja di rumah” atau “kerja online” lah saya kala itu tergoda dengan bisnis yang saya ga tau apa, tiba-tiba ada banyak testimoni dapet duit banyak lah, kerjanya gampang lah, dapet bonus mobil lah, ga disebutin bisnisnya apa, eh ternyata jualan kosmetik yang saya sendiri jarang beli, dan berakhir gagal, hehehe. Tapi ngga papa, apapun yang bernama kegagalan itu menjadi lesson learned yang berarti dalam pengalaman berbisnismu!, Jadi saran saya, jangan googling tentang “kondisi yang kamu inginkan” semacam : kerja di rumah, penghasilan besar dalam sekejap, udah lah yang realistis aja lah mbak.. Googling-lah tentang informasi peluang pasar, supplier, atau bahkan proses produksi, strategi marketing, dan lain-lain, niscaya itu akan lebih bermanfaat.

3. oh ya, jangan lupa juga “gugling” juga di toko buku! kadang informasi ga selamanya gratis lho, well.. numpang baca doang di Gramedia, Leksika, Kinokuniya, pun kadang bisa jadi life-changing-moment lho! dan sejauh pengalaman saya memang, membaca buku memberi informasi yang lebih detail daripada sekedar googling. setengah tahun lalu pas awal2 start up aku sering banget (sambil gendong Aldin yang baru 2bulanan!) numpang baca-baca di Leksika hehe, dan ternyata itu worth it meski pundak pegel, wkwkwk. Kalo udah ga tahan gendongnya ya udahlah give up aku bawa tu buku ke kasir :p. Baca buku tu penting sodara2.. sampai saat ini to read list saya pun masih menumpuk, begitu pula to do list.. haha,

so, to be continued yaa :)

14 responses to “Tips Bisnis Online untuk Pemula

Leave a Reply

