Ini Dia Cara Membesarkan Anak dan Bisnis Online ala Emakpreneur (part-1)

Hahaha, sebenernya tema ini bakalan panjaaaang ceritanya kalo ditulis di blog, rencana mau aku bikin jadi draft buku aja, tapi lama-lama kalo idenya ga ditumpahin ke blog, ga akan bisa terwujud juga jadi buku. So I decided to write it meskipun belepotan dan alurnya ga jelas.
Garis besar pembahasan kita akan seperti ini kira-kira :

1. Memulai membuka Online Shop

2. Menyiapkan Perangkat Start Up

3. Jual, Jual, dan Jual

4. Membangun Sistem Online Shop

Untuk masalah “mengapa harus membuka online shop, atau motivasi-motivasi bisnis, aku rasa banyak buku yang sudah membahasnya. Apalagi sebagai emak2, hampir 99,9% alasan membuka bisnis pasti adalah = pengen deket sama anak dan tetep berpenghasilan. At least jika kalian mempunyai niat seperti itu, go get it. Mari kita mulai kuliah kita :) *kuliah ini akan ter-pause sewaktu2 kalo anak keduaku bangun ya wkwkwkwk.

1. Memulai membuka Online Shop.
PRODUK. One thing for sure adalah tentukan produk apa yang mau kita jual, pastikan itu sesuai passion dan selera kita. Jangan terlalu memaksakan diri, misalnya pengen jualan aksesoris wanita karena margin nya-tinggi, tapi kamu adalah cowok yang cool and sporty dan gak tau menahu model-model aksesoris wanita masa kini. Atau misalnya pengen jual kosmetik tapi dirinya sendiri malas banget pake kosmetik dan sayang banget belanjain duit buat kosmetik. Quit aja. Cari produk lain, yang lebih cocok dengan kepribadian.

SUPPLIER. Cari suplier produk yang mau kita jual. Ada banyak pasar-pasar grosir di kota besar seperti Jakarta, Yogyakarta, Solo, Surabaya. Go hunting! Saran saya, kalau bisa jangan cari suplier online. Karena sesuatu yang di ‘darat’ biasanya lebih murah daripada online, produk yang mau kita beli bisa dipegang langsung sehingga kita bisa tau persis kualitasnya, sebagai bekal mengabarkan dan mempromosikan ke calion customer. Pengalamanku, dulu pernah cari suplier online dan gagal gara-gara barang yang aku beli kualitasnya bedaaa banget dengan yang terlihat di foto display, dan membuatku merana meratapi uang 500ribu yang telah kubelanjakan. Well, sebagai emak baru, tak bisa dipungkiri memang ruang gerak kita terbatas untuk moving belanja ke pasar grosir, Online pun jadi pilihan. Yang penting, cobalah dulu sedikit, rasakan kualitas produknya, kalo harganya oke dan kualitasnya mantap, punya suplier online pun jadi ide yang bagus. lately aku juga belanja online untuk bahan-bahan pembuatan bros aksesoris hijab olshopku, harganya memang lebih mahal sedikit dari harga di Mangga Dua atau Tanah Abang, tapi buat gue yang baru 1-2minggu ngelahirin, susah dapet izin suami outing for shopping wkwkwk, online shopping pun jadi solusi.

TOKO. Next is: bikin toko. bisa berupa facebook fanpage dulu, instead of website. Ini pengalaman, buka website itu harus SEO friendly dan design website harus menarik, and it cost lumayan a lot. jadi aku sarankan buka facebook fanpage dulu, dan untuk kepentingan SEO buatlah blog gratisan di Blogspot, WordPress, atau Tumblr. Kenapa facebook fanpage dulu? karena at least bisa promosi langsung ke teman-teman facebook yang kita miliki dulu. Meskipun teman-teman kita belum tentu mau beli produk kita, ga ada salahnya mereka ngasih jempol LIKE ke facebook fanpage olshop kita dan positifnya adalah, jumlah likers itu meningkatkan reputasi olshop. Nah setelah ada penjualan dan cash flow berjalan, soon belilah domain dulu, itu semacam www gitu deh, misalnya http://www.hijabwanitacantik.com, domain dulu aja yang murah, baru hire jasa web design sekaligus SEO kalo bisa dan kalo ada modal lebih. Kalo kita sendiri yang ngerjain web design dan SEO bakal puyeng sendiri, belum anak-anak yang harus diurusin, Ingat, we are a mom! anak-anak & suami harus jadi prioritas, prioritas kedua adalah customer atau penjualan, nah untuk masalah web design dan SEO lebih baik outsource dari luar aja, mahal sih, but vvvthat’s a great help. Fokuskan pada promosi yang mendatangkan sales dulu, untuk memastikan cash flow tetep jalan.

ups, my son need me, see you later :D

4 responses to “Ini Dia Cara Membesarkan Anak dan Bisnis Online ala Emakpreneur (part-1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s