Sebuah Api di Dunia yang Biasa

Aku hanya manusia biasa. Yang gigih ketika aku ingin. Yang punya rasa ingin tahu yang membuncah. Yang penasaran dan ingin mencoba sampai bisa. Sampai dapat nilai A+. Sampai aku puas menyaksikan kemenanganku. Aku pemilik semangat berapi2. Aku penemu ide kreatif dan abstrak. Ngeyel iya. Seringnya keras kepala. Pejuang tangguh pasti.

Namun sayangnya ini pun hanya dunia biasa. Terkadang manusia seperti aku ini dianggap berbahaya. Api semangat ku yang berkobar, dengan berbinar – binar kuimpikan menghasilkan mesin uap, terkadang bisa  padam sekaligus oleh orang-orang dekat. Karena mereka takut kebakaran. Mereka khawatir kebakaran yang membinasakan. Tanpa menyadari bahwa setiap hari mereka makan nasi yang matang karena api.

api semangat

Dan jujur, yang kurasakan ketika semangat belajar dipadamkan itu rasanya S A K I T. Sungguh.

Maka kepada anak-anakku, aku lah yang pertama kali akan mendukung kalian, ketika kalian gigih belajar, ketika kalian berbinar-binar, ketika kalian berapi-api, ketika kalian melompat tinggi, ketika kalian berlari kencang.

Ingatkah kalian belepotan nasi berceceran ketika belajar makan? Ingatkah buku-buku robek berhamburan aku relakan karena kalian penasaran? Ingatkah kalian jatuh berkali – kali, benjol berkali – kali ketika belajar berjalan berlari? Karena kalian memang harus terus berlari. Kalian pemberani. Dan kalian benar.

Karena aku yakin kalian pasti setuju akan satu hal,  satu hal yang harus kalian ingat seumur hidup : Everything is Learnable. E V E R Y T H I N G !

Leave a Reply

